Hujan Lebat, Dua Dusun di Batu Layar Dilanda Banjir

Mataram – Banjir terjadi di beberapa dusun di Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Minggu (28/5). Banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Lombok Barat dan sekitarnya. Dua dusun dilanda banjir, yakni Dusun Tanak Embet Barat dan Tanak Embet Timur digenang banjir.

Banjir di Dusun Tanak Embet Timur, Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat digenangi air setinggi 20 cm. Anggota Polsek Senggigi dengan dibantu warga membersihkan gorong-gorong sekitar yang menjadi penyebab banjir.

“Sampah menggenangi gorong-gorong sekitar mengakibatkan aliran air tersumbat dan menjadi banjir. Kita telusuri ternyata aliran air tersebut dari Dusun Teloke, sehingga kita turun bersihkan sampah yang menggenang,” ujar Kapolsek Senggigi, Kompol Wendi Oktariansyah, SIK, malam kemarin.

Dusun Tanak Embet Timur memang kerap dilanda banjir. Banjir juga disebabkan bantaran sungai yang melintas di kedua dusun berukuran kecil, sehingga luapan air menyebabkan perkampungan tergenang banjir. Bahkan terparah, air bisa mencapai dada orang dewasa.

Polisi bersihkan sampah penyumbat di gorong-gorong. (istimewa)

Selain itu kebiasaan warga yang membuang sampah di suangai menjadi penyumbang bagi terjadinya banjir tersebut. Bahkan di hari tidak terjadi banjir, terlihat sampah menggunung di sungai tersebut.

Polisi juga membersihkan gorong-gorong di Dusun Tanak Embet Barat, banjir di dusun tersebut mencapai ketinggian 50 cm atau setinggi lutut orang dewasa. Polisi berusaha membersihkan sampah di gorong-gorong tersebut, namun karena luapan air, justru sampah-sampah tersebut naik hingga ke badan jalan.

Hingga kini, banjir telah surut dan aliran sungai kembali normal, namun diprediksikan banjir susulan dapat terjadi akibat masih banyaknya tumpukan sampah di sungai dan kecilnya bantaran sungai di dusun tersebut. (ct)

Comments

comments