Foto-Foto ini Tunjukkan Sepinya Kota Mataram Saat Lebaran

Mataram – Kota Mataram merupakan etalase NTB. Suatu ibu kota provinsi yang tidak pernah surut dari lajunya pertumbuhan penduduk. Bahkan pada 2016 tercatat jumlah penduduk Kota Mataram sebesar 412.358 jiwa.

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar penduduk yang menetap di Kota Mataram merupakan penduduk di luar Kota Mataram, seperti di Lombok Timur, Lombok Tengah hingga Pulau Sumbawa. Di luar itu penduduk urban dari luar NTB turut mengisi Kota Mataram.

Sebagian besar kalangan pelajar dan mahasiswa di berbagai Kabupaten di NTB yang menempuh pendidikan di Mataram, menjadi andil bagi ramainya Kota Mataram. Namun bagaimana dengan hari idul fitri atau lebaran. Suasana di Kota Mataram saat idul fitri berbeda dari hari biasa. Kesunyian Kota Mataram terasa betul saat lebaran, karena sebagian besar penduduk sementara Mataram telah mudik ke kampung halaman masing-masing.

Di hari raya idul fitri tahun 2016 lalu, opininetizen menyempatkan waktu untuk mengambil gambar keadaan Kota Mataram yang sepi dan sunyi. Seperti kota mati dan jauh dari kebisingan seperti biasanya.

Sepanjang jalan yang dilalui, pertokoan besar yang menjadi penyumbang keramaian kota tampak sepi sunyi. Jalan-jalan besar di Kota Mataram saat hari biasa sering macet, namun di hari lebaran semuanya sepi. Dapat dihitung kendaraan yang melintas di jalan-jalan besar Mataram.

Bahkan Taman Udayana yang menjadi idola remaja di Kota Mataram tampak sunyi bagaikan hutan. Namun di balik kesunyian tersebut tersimpan keindahan. Mataram yang biasanya padat, saat itu sepi sunyi. Suatu momen yang sangat disayangkan untuk dilewatkan melihat sunyinya Kota Mataram.

Berikut foto-foto Kota Mataram yang opininetizen abadikan saat lebaran tahun 2016 lalu:

Terlihat Mataram Mall dari kejauhan

Foto ini merupakan kondisi pertokoan di Jalan Pejanggik, Kecamatan Cakranegara Barat. Malam kemarin, lokasi ini merupakan lokasi paling ramai dan macet, ribuan orang membeli pakaian lebaran di pertokoan tersebut. Bahkan Mataram Mall terlihat dari kejauhan. Namun kondisi saat lebaran sangat sepi.

Pom bensin di Jl Majapahit

Terlihat Pom bensin di Jl. Majapahit Mataram sepi. Meskipun petugas siap melayani pembelian bensin, namun kendaraan yang membeli bensin dapat dihitung jumlahnya. Sangat sepi. Biasanya di lokasi ini tempat andalan ngabuburit saat puasa. Berbagai jualan dadakan saat bulan puasa memenuhi ruas trotoar di jalan tersebut. Aneka takjil dan makanan disajikan.

Perempatan Majapahit

Ayo tebak ini di mana? Ya tentunya Perempatan Majapahit. Jalan ini biasanya disibukkan dengan lalu lalang kendaraan di hari biasa. Namun tidak untuk hari lebaran. Kondisi jalan yang kerap buka tutup ini terlihat lenggang. Tugu pancoran di depannya baru saja diganti, sebelumnya memiliki tugu peresean. Bahkan tahun-tahun lalu dikenal dengan tugu XL.

Jl Sriwijaya nampak sepi

Foto ini merupakan kondisi Jl Sriwijaya. Jalan ini juga kerap macet di hari biasa. Ada yang beda dari foto tersebut. Jika Anda perhatikan di samping kiri foto, tampak bangunan lama yang kini berubah menjadi rumah makan cepat saji MC Donald’s, bahkan depannya yang tidak tampak di foto adalah Pizza Hut.

Jl. Airlangga, tepat di samping Taman Budaya

Foto ini merupakan kondisi Jl Airlangga. Diabadikan di samping Taman Budaya Mataram. Terlihat hanya satu motor yang melaju di depan. Kondisi jalan tersebut saat lebaran benar-benar sepi.

Jl. Pejanggik, Toko Pakaian Roxy dan Fashion One.

Siapa yang tidak kenal dengan toko Fashion One dan Roxy? Toko pakaian yang kerap dibanjiri setiap pengunjung. Di malam lebaran atau H-3 sebelum lebaran, toko tersebut merupakan toko-toko tersibuk di Kota Mataram. Kini Anda dapat melihat kondisi sepi di hari lebaran.

Taman Udayana Mataram

Bukan orang Mataram kalau enggak pernah berkunjung ke Taman Udayana. Taman yang menjadi tongkrongan  idola bagi remaja-remaja dan muda-mudi di Mataram. Ramainya Taman Udayana memudar saat lebaran. Tampak di foto hanya kesunyian bak hutan belantara.

Jl. Airlangga Mataram samping toko Boxy

Terakhir ini merupakan toko favorite penulis. Terletak di Jl. Airlangga Mataram. Siapa lagi kalau bukan Toko Boxy. Salah satu toko yang menjadi andalan penulis untuk membeli baju lebaran, karena harganya dijamin murah meriah.

Itulah kondisi Kota Mataram saat hari lebaran 2016 lalu. Apa Anda terpukau dengan kondisi sepi seperti itu. Di saat Anda merayakan lebaran di kampung halaman, percayalah momen ini yang di tunggu penulis untuk mengabadikan kondisi Kota Mataram. Terkadang kerinduan dengan kondisi ini kembali masuk ke hati, melihat saat ini Kota Mataram begitu padatnya. Terlebih lagi jika malam Minggu telah tiba. (ct)

Comments

comments