Alami Sakit Perut Saat Berbuka Puasa, ini Penyebabnya

Sehat – Di bulan puasa ini asupan gizi menjadi suatu hal yang penting untuk menjaga kesehatan agar puasa terus berlanjut. Beberapa kendala kesehatan dialami banyak orang usai berbuka puasa. Gangguan pada perut usai berbuka puasa sering dialami banyak orang. Tahukah penyebabnya?

Banyak orang bernapsu melahap makanan saat waktu berbuka puasa tiba. Bahkan asupan makanan melebihi normalnya porsi makan biasa. Akibatnya, perut tiba-tiba mengalami sakit yang luar biasa.

Sakit perut di waktu berbuka puasa disebabkan pola makan yang berbeda dari biasanya. Buru-buru dalam mengkonsumsi makanan mengakibatkan gangguan pada perut. Untuk itu sebaiknya teraturlah dalam mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa. Ada baiknya anda mengkonsumsi minuman dan buah-buahan secara perlahan. Beberapa menit kemudian, baru anda mengkonsumsi makanan berat lainnya.

Ahli Gizi Hosistik di Dunai, Dr Dita Osman mengatakan penyebab gangguan perut usai berbuka puasa, selain faktor cepatnya melahap makanan, ada faktor lainnya yang menyebabkan rasa sakit di perut, yaitu tubuh yang kaget diberi asupan makanan secara cepat dan tiba-tiba.

Menahan lapar selama seharian, mengakibatkan tubuh mengalami rasa asing dengan kondisi seperti itu. Untuk itu saat berbuka puasa, biarkan tubuh mengenal kembali makanan yang dikonsumsi dengan cara teratur dan tidak buru-buru dalam mengkonsumsi makanan. Sehingga secara perlahan tubuh akan diisi nutrisi.

“Anda dianjurkan mengkonsumsi beberapa buah seperti kurma, kemudian minum air putih. Setelah itu istirahalah beberapa saat, kemudian dilanjutkan dengan mengkonsumsi sup atau salad. Kemudian istirahat lagi sebelum mengkonsumsi makanan berat,” ujarnya.

Dia juga menyarankan agar mengkonsumsi air yang banyak saat makan sahur nanti. Pola makan sahur sangat mempengaruhi stamina tubuh saat berpuasa, untuk itu penuhi nutrisi saat makan sahur. (ct)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *