Tarekat Naqsyabandiyah Mataram Mulai Berpuasa

Mataram – Tarekat Naqsyabandiyah di Pagutan Mataram telah memulai puasa pertamanya di hari ini Jumat (26/5). Kelompok tarekat yang berjumlah ratusan tersebut menentukan awal puasa berdasarkan hisab dan perhitungan malam.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Jaelani M.Pd yang ditemui membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hari ini merupakan awal puasa kelompok tarekat tersebut.

“Kita belum mengetahui (dari) jamaah-jamaahnya yang lain, tapi kabarnya dia mulai berpuasa pada hari ini,” ujarnya ditemui usai memantau hilal di Pantai Loang Baloq Mataram.

H. Jaelani tidak berkomentar banyak terkait perbedaan awal puasa pemerintah dengan jamaah tertentu, namun menurutnya hal tersebut berdasarkan perhitungan hisab internal dari jamaah tersebut.

Sementara terkait jumlah jamaah, H. Jaelani juga tidak mengetahui persis. Namun diperkirakan berjumlah ratusan yang jumlah terbesarnya ada di wilayah Pagutan Mataram.

“Nah Waullahu A’lam kita belum tahu persis tapi kayaknya mungkin sekitar itu (ratusan), karena ada di wilayah Pagutan, nanti bisa dikonfirmasi lebih jelas lagi,” tutupnya. (ct)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *