Kemenag NTB: Awal Bulan Ramadhan Jatuh Besok

Mataram – Meskipun hilal tidak dapat terlihat saat dipantau di Pantai Loang Baloq Mataram, sore tadi Jumat (26/5), namun berdasarkan perhitungan Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Provinsi NTB, awal bulan Ramadan jatuh pada Sabtu (26/5) besok.

Kemenag telah melakukan perhitungan saat terjadinya Ijtima (konjungsi) yang terjadi pukul 03:46: 58,19 Wita hari ini. Tinggi hakiki hilal pada saat ini sekitar 08 derajat 45 menit 8,65 detik di atas ufuk.

Sementara Ghurub matahari pukul 18:03 : 10,97 Wita, sedangkan umur bulan sejak terjadinya ijtima sampai matahari terbenam sekitar 14 jam 16 menit 12,78 detik. Ketinggian hilal tersebut telah sesuai dengan yang ditetapkan Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Sehingga dapat menjadi rujukan awal mulainya ibadah puasa.

“Karena ketinggian hilal pada sore hari ini telah memenuhi seluruh kriteria bersama yang telah ditetapkan Menteri-Menteri Agama di empat negara, maka bulan Ramadhan 1438 Hijriyah atau 2017 Masehi diperkirakan jatuh pada Sabtu besok,” pungkas Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Jaelani M.Pd.

Kendati demikian, penetapan hari pertama puasa masih akan menunggu hasil sidang Isbat di Kementerian Agama RI yang akan digelar malam nanti.

“Namun kita tetap menunggu hasil sidang Isbat di Kementerian Agama RI berdasarkan hasil laporan Tim Rukyat yang tersebar di seluruh Indonesia,” tutupnya. (ct)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *