Foto-Foto ini Tunjukan Bukti Toleransi Beragama di Indonesia

Nasional – Indonesia terkenal akan keberagamannya. Keberagaman dan toleransi beragama terus dipupuk masyarakat Indonesia sejak dulu kala. Ini merupakan sedikit foto sebagai bukti toleransi masyarakat Indonesia. Pada hakikatnya manusia ditakdirkan hidup untuk berdampingan, menjaga keharmonisan lintas agama merupakan suatu ciri khas bangsa Indonesia yang terkenal di dunia.

Di tengah cobaan yang melanda bangsa ini, sangat dibutuhkan suatu vitamin untuk kembali menciptakan suatu keharmonisan yang sejak lama ada di Indonesia. Kemerdekaan Indonesia pun atas perjuangan segenap bangsa, bukan hanya atas perjuangan suatu agama, adat maupun kelompok lainnya, sehingga tanah Indonesia diizinkan diinjak oleh perbedaan.

Agama di Indonesia ini diturunkan oleh Tuhan yang sama, mengapa kita harus bermusuhan karena perbedaan. Bukankah itu merupakan kodrat yang dititipkan Tuhan pada kita untuk menguji seberapa besar sikap kita untuk berdampingan?

Dunia ini tidak akan indah jika hanya diisi satu warna semata. Dunia ini indah karena ribuan warna. Cukup sudah kita berdebat soal agama. Bukankah bangsa lain telah berdebat soal ilmu pengetahuan untuk kemajuan dunia? Mengapa kita masih merepotkan urusan keyakinan yang berbeda yang telah muncul ribuan tahun lamanya? Lantas sampai kapan kita harus memperdebatkan suatu keyakinan? toh juga tidak akan membuat dunia ini hanya diisi dengan satu keyakinan semata. Simaklah tujuh foto ini sebagai bukti keberagaman kita.

Seorang Biarawati memberikan sumbangan untuk Palestina yang dalam peperangan. (foto: istimewa)

 

Seorang wanita muslim dan biarawati saling bergandeng tangan untuk menyeberang jalan. (foto: istimewa)
Biarawati membagikan minuman pada umat muslim. (foto: istimewa)
Umat Hindu di Bali mengantar dan mengusung jenazah seorang muslim. (foto: istimewa)
Dua orang ustadz membantu perbaiki motor biarawati yang macet di jalan. (foto: istimewa)

 

Seorang pecalang membonceng seorang muslim untuk sholat Jumat, karena masjid dekat dengan pura. (foto: istimewa)
Seorang muslim saat berbagi cerita humor dengan beberapa biarawati. (foto: istimewa)

Foto-foto di atas tunjukan betapa indahnya toleransi yang ada di Indonesia. Itu merupakan sedikit foto dari banyaknya bukti keberagaman di Indonesia. Mulai saat ini mengapa kita tidak kembali bersatu menjadi seorang Indonesia? Di negeri ini kita dilahirkan, di negeri ini juga kita akan dimakamkan nanti. Buktikanlah keharmonisan Indonesia yang selama ini dikenal dunia masih ada dan akan terus ada. (ct)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *