Polisi Sita Ribuan Bungkus Rokok Ilegal di Pelabuhan Lembar

Mataram – Ribuan rokok ilegal berhasil disita Anggota Polsek KP3 Pelabuhan Lembar, Lombok Barat (Lobar), Senin (15/5) lalu. Rokok-rokok tersebut diamankan pada sebuah bus ekspedisi berinisial TM.

Sebanyak 10.400 bungkus rokok tersebut dikirim dari Kota Malang, Jawa Timur ke Mataram. Namun, sebelum memasuki mataram, polisi berhasil melakukan penyitaan.

Sebanyak 10 kardus dengan total 8.000 bungkus rokok jenis Maxx dan dua kardus berisi 2.400 rokok jenis Panama diamankan petugas.

“Kita mengamankan rokok-rokok tersebut yang dikirim dari Malang dengan pengirimnya berinisial ST, akan dibawa ke Mataram dan diterima oleh penerimanya berinisial YS,” ujar Kasat Reskrim Polres Lobar, AKP Joko Tamtomo SH., SIK, Sabtu (20/5).

Rokok tersebut tidak memiliki izin edar dan tanpa dilengkapi pita cukai. Polisisaat ini telah berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai Provinsi NTB dalam menangani kasus penyelundupan rokok ilegal tersebut.

“Polres Lobar sudah berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai Provinsi NTB untuk menangani kasus tersebut,” pungkasnya.

Pelaku dapat dijerat pasal 54 undang-undang nomor 39 tahun 2017 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai, dengan ancaman paling lama lima tahun. (ct)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *