23 Nama Siap Menjadi Penjamin Penangguhan Penahanan Nuril

Mataram – Kasus yang menjerat Baiq Nuril Maknun (36) telah memasuki sidang ke tiga di Pengadilan Negeri (PN) Mataram. Siang tadi, Rabu (17/5) sidang memasuki pemeriksaan saksi. Nuril dijerat undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) akibat dituduh menyebarkan rekaman cabul oknum Kepala SMAN 7 Mataram (kini mantan).

Dalam sidang tersebut majelis memutarkan rekaman percakapan pelapor yakni H. Muslim dengan Nuril. Dalam rekaman tersebut, terdengar jelas H. Muslim menceritakan hubungan seksnya dengan wanita lain kepada Nuril yang telah berumah tangga dan memiliki tiga orang anak tersebut.

Di sidang tersebut, Muslim mencabut pernyataannya pada BAP yang mengatakan wanita dalam rekamanan percakapannya tersebut berinisial L, yang tidak lain adalah Bendahara SMAN 7 Mataram. Dia mengatakan rekaman dalam percakapan tersebut adalah imajinasinya dengan seorang artis yang dia sebutkan bernama Megan Lick.

“Dia cabut keterangan dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan) mengenai keberadaan saksi L. Dalam kesaksian tadi, fantasi bukan dengan L melainkan dengan artis bernama Megan Leik,” ujar Ketua Advokasi Litigasi #SaveIbuNuril, Joko Jumadi ditemui usai persidangan.

Sementara, pengacara Nuril juga telah mengajukan permohonan penangguhan penahanan pada majelis hakim untuk Nuril. Sedikitnya terdapat 23 nama yang menjaminkan penangguhan penahanan pada Nuril baik melalui perorangan maupun lembaga. Nama-nama tersebut terus akan bertambah seiring banyaknya masyarakat yang melihat kasus tersebut sebagai suatu ironi penegakan hukum.

Humas PN Mataram, Didiek Jatmiko yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan permohonan penangguhan penahanan Nuril masih dipertimbangkan majelis hakim. Dalam waktu dekat permohonan tersebut akan diputuskan majelis.

“Udah, cuma begini, masih dipertimbangkan, nanti terserah majelisnya akan diumumkan kapan, yang jelas masih dipertimbangkan,” pungkasnya.

Sidang kasus Nuril akan kembali digelar pekan depan, masih dalam agenda pemeriksaan saksi dan ahli. (ct)

Comments

comments

One thought on “23 Nama Siap Menjadi Penjamin Penangguhan Penahanan Nuril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *