Enam Koruptor di Mataram Diberi Remisi Hari Raya

Mataram – Sebanyak enam narapidana kasus korupsi di Mataram diberikan remisi hari raya Idul Fitri 2017. Enam napi tersebut merupakan napi tahanan Lapas Mataram, hal tersebut diungkapkan Kepala Kemenkumham NTB, Sevial Akmily, Senin (19/6).

“Tahanan kasus korupsi enam orang dapat remisi,” ujarnya ditemui usai buka puasa bersama di Kantor Wilayah Kemenkumham NTB.

Menurutnya, alasan pemberian remisi tersebut untuk memenuhi hak tahanan. Tahanan yang memperoleh remisi telah memenuhi persyaratan dan pertimbangan untuk diberikan hak remisi.

“Alasan pemberian remisi karena hak mereka juga. Ada hukuman yang enggak begitu berat, ada persyaratan, kita tidak bisa menghalangi juga,” pungkasnya.

Remisi untuk koruptor disebut juga telah melalui koordinasi dengan KPK. Tahanan yang ditolak usulan remisi pada komisi antirasuah tersebut tidak akan pernah diajukan lagi permohonan remisinya.

“Kami sangat berhati-hati memberikan remisi, apalagi yang pernah ditolak KPK kami tidak akan usul lagi,” paparnya.

Sementara total keseluruhan narapidana yang memperoleh remisi di Lapas Mataram sebanyak 1.183 narapidana. Dua di antaranya memperoleh remisi bebas langsung karena masa tahanan telah usai saat dihitung dengan jumlah waktu remisi. Kedua tahanan tersebut merupakan tahanan dalam kasus pidana umum. (ct)

Comments

comments